Cara meningkatkan kinerja hp android agar lebih ringan dan cepat

Cara meningkatkan kinerja hp android agar lebih ringan dan cepat - Hallo sahabat Another Stuff, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara meningkatkan kinerja hp android agar lebih ringan dan cepat, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Android, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara meningkatkan kinerja hp android agar lebih ringan dan cepat
link : Cara meningkatkan kinerja hp android agar lebih ringan dan cepat

Baca juga


Cara meningkatkan kinerja hp android agar lebih ringan dan cepat

cara meningkatkan kinerja android agar lebih ringan dan cepat - smartphone itu mirip laptop/komputer dialharapannnya merupakankan telah memiliki sistem operasi. alharapannnya merupakan itu setiap smartphone perlu pengecekan dan perawatan rutin agar selalu bagus (optimal) kinerjanya. hp smartphone android anda akan semakin lambat kinerjanya kalau terlalu banyak software yang diinstall dan semakin banyaknya data pada storage (ruang penyimpanan), baik data pada internal storage ataupun data di eksternal storage, alharapannnya merupakan itu sudah seharusnya anda secara terencana melakukan perawatan kinerja perangkat tersebut, selalu memantau kinerjanya, serta selalu memperhatikan kapasitas penyimpanannya. meski banyak tool/software bantu untuk mempercepat performa android yang dapat anda download, namun sebenarnya dapat dilakukan secara manual tanpa harus install software ini-itu. cara untuk memgoptimalkan kinerja gadget hp anda pun relatif cukup beliah.

secara prinsip, untuk meningkatkan kinerja hp android yaitu dengan cara mengurangi beban kerja perangkat itu sendiri dari banyaknya software yang aktif agar tidak cepat "lelah" dan panas. dengan banyaknya software dan widget yang berjalan/aktif baik secara kharapant mata maupun software yang aktif di lingkungan "backgound" maka akan semakin lemot/lelet kinerja android anda. setiap hp android memiliki spek masing-masing yang terbatas untuk tidak diinstall semua software. alharapannnya merupakan itu batasi kebisaan ram dan storage maximum. gunakan hanya software yang paling penting dan paling tak jarang anda gunakan, sementara software yang tidak penting dan jarang digunakan sebaiknya di uninstall.

berikut merupakan beberapa cara aman yang bermanfaat untuk meningkatkan kinerja hp android anda tanpa menggunakan software tambahan:

cara meningkatkan kinerja android agar lebih ringan dan cepat :


  • nonaktifkan update otomatis google play

salah satu process yang memakan banyak resource sistem android merupakan aktifnya update otomatis. kalau anda tidak mematikan maka semua proses dari software yang terinstall pada hp & preangkat android anda akan berjalan terus sepanjang waktu. proses ini juga akan beryang akan terjadi pada borosnya baterai. aku sendiri lebih suka melakukan update manual alharapannnya merupakan dengan setingan update manual kinerja android jadi lebih maksimal

  • matikan google text to speech

google text to speech miripnya jarang sekali digunakan kecuali bagi orang-orang tertentu, dan itupun hanya sesekali. kalau anda termasuk pengguna hp android yang jarang sekali atau bahkan tidak pernah menggunakannya sebaiknya dinonaktifkan

  • matikan widget weather

memharapanng dan mengaktifkan widget weather meamng keren, namun anda lama kelamaan akan bosan dengan widget ini, alharapannnya merupakan tidak terlalu dibutuhkan dalam kesehariannya. kalau demikian halnya dengan anda, maka sebaiknya anda nonaktifkan

  • matikan aplication manager

fungsi aplication manager merupakan untuk memberikan notifikasi kepada anda kalau terdapat software yang memerlukan update, alharapannnya merupakan adanya pembaruan dari si pembuat software. nah pembaruan software yang memerlukan update kalau durasinya terlalu tak jarang misalnya tiap minggu, maka lama kelamaan anda akan merharapan risih. kalau pengelola software (aplication manager) ini anda nonaktifkan, maka tidak akan berpengaruh pada kesehatan sistem android anda

  • matikan google chrome

sebenarnya setiap hp android sudah memiliki internet browser sendiri, meski selalu disertakan browser chrome milik google. dengan browser asli android sebenarnya anda juga dapat memaksimalkan kinerja browsing.

  • matikan google play music

google play musik adaah fasilitas streaming musik online, kalau anda sangat peduli dengan efisiensi kuota internet (yang mana layanan internet di indonesia masih lambat dan masih dianggap mahal alharapannnya merupakan kualitasnya), maka sebainya anda matikan saja proses aktif google play music. kalau anda menikmati musik mp3 secara online, ini akan menguras kuota paket internet anda.

  • matikan google street view

bagi sebagian orang google street view memang selalu dipakai terutama bagi mereka yang tak jarang touring/bepergian namun belum mengenal lokasi arah jalan. kalau anda tidak tak jarang bepergian yang memerlukan panduan jalan secara realtime, maka sebaiknya anda nonsktifkan.

  • matikan cell broadcast (bagi pengguna hp lg)

cell broadcast berfungsi untuk memberikan sinyal terdekat kalau anda berada pada kawasan tertentu. cell broadcast meminformasihukan kepada anda nama kawasan dengan bts terdekat. cell broadcast terdapat pada hp lg, mirip lg l9. namun aku tidak tahu apakah merek hp anda terdapat software cell broadcastnya atau tidak. kalau ada maka sebaiknya anda nonaktifkan dari pada tak jarang menggangu dengan banyak notifikasi yang tidak penting.

  • matikan smart share (hp lg)

fungsi smart share ini juga terdapat pada hp lg mirip hp lg l9, lg g2 pro. smart share digunakan untuk mentransfer/share banyak sekali file. buat para pengguna hp lg khususnya lg l9 dan lg g2 pro, miripnya software ini tidak begitu dibutuhkan, alharapannnya merupakan dapat menggunakan fitur menyebarkan file standar android mirip bluetooth, dan wifi. sebaiknya dinonaktifkan saja. nah, untuk pengguna merek lain, aku sendiri tidak tahu apakah ada fungsi smart share atau tidak

  • hapus data yang tidak perlu

hapus data yang tidak anda perlukan. sebelum dihapus dari perangkat android anda sebaiknya anda backup ke komputer/laptop terlebih dahulu. data yang terlalu banyak akan memakan ruang penyimpanan baik ekternal/internal. tips agar memori internal anda tidak cepat penuh merupakan anda memrupawankan direktori (tempat penyimpanan)default mirip hasil camera dari memori internal ke memori eksternal. kalau memory internal anda cepat penuh maka perangkat android anda akan cepat turun kinerjanya.

  • uninstall software tidak perlu/jarang dipakai

uninstal acara-acara yang tidak perlu atau jarang digunakan.
beberapa tips lain untuk mempercepat kinerja android anda yaitu menghidari install software yang terlalu banyak. misalnya anda tidak perlu menginstal software situs-situs informasi mirip software detik.com, babe.com, kompas.com, viva.co.id. untuk mengakses banyak secara cepat anda cukup membuat shortcut halaman webnya saja

  • jangan menggunakan theme tambahan yang anda download

theme tambahan memang memiliki tampilan yang bagus namun kalau hp android anda memiliki spesifikasi yang pas-pharapann baik memori maupun storage (ruang penyimpanannya) maka hindari penggunaan theme tambahan yang anda download dari google play. fokuslah pada esensi fungsi hp dan kinerja untuk mendukung aktifitas harian anda baik pekerjaan, browsing, game, ataupun berjejaring sosial. theme hanyalah sekedar tampilan, namun ini merupakan salah satu poin penghambat kinerja android anda. kalau dikala loading start up dan software saja berat, buat apa anda gunakan theme. unisntall software theme pada perangkat android anda. tanpa theme anda tetap dapat menikmati semua fitur android anda bukan?

  • matikan semua koneksi yang tidak dibutuhkan

fitur mirip bluetooth, wifi, gps dan lain sebagainya selain menguras baterai juga membuat smartphone bekerja lebih berat. caranya, masuk setting, lalu geser semua tanda koneksi dari on menjadi off.

  • hapus file android yang tidak berkhasiat

file hasil download, foto, lagu, vinspirasio, dan lainnya juga mensugesti kecepatan hape android. termasuk juga semua media yang dihasilkan software chat whatsapp, baik vinspirasio, musik, maupun gambar. jadi hapus semua file yang tidak terpakai tersebut.

begitu pula dengan sms. mungkin banyak dari sobat pengguna smartphone android yang menumpuk sms pada inbox ataupun outbox, padahal sms ini tentu menghabiskan memori ponsel sobat. sms yang tersimpan pada handphone dalam jumlah yang sangat banyak akan membuat hp android menjadi lambat. untuk itu, biharapankan untuk menghapus sms yang tidak dibutuhkan.

  • matikan (disable) animasi

animasi memang mempercantik android, namun juga sedikit membebani kecepatan hp android. kalau merharapan tidak perlu matikan saja. caranya, masuk ke setting -> developer options. nanti akan ada menu window animation scale, transition animation scale, animator duration scale. atur semuanya menjadi off.

  • matikan live wallpaper

untuk mempercepat kinerja android, sobat harus mengurangi atau bahkan tidak menggunakan live wallpaper. memang live wallpaper yang mempercantik tampilan android tersebut membuat layar seolah-olah hidup, namun live wallpaper juga mengkonsumsi ram yang tidak sedikit, yang pada akhirnya bisa memperlambat android. dengan mematikan live wallpaper, smartphone android akan sedikit lebih cepat dan ringan.

  • bersihkan semua cache software

memang cache berkhasiat untuk mempercepat proses, tapi seiring waktu file cache semakin besar dan akan memenuhi memory android. bagi yang memory-nya terbatas, hapus saja cache software secara terencana.

untuk android jelly bean 4.2 keatas bisa dilakukan dengan masuk ke settings -> storage > pilih “cached data”akan muncul sebuah kotak dialog yang memperlihatkan pembersihan file cache, pilih “ok”saja. fitur ini akan menhapus semua file cache yang dihasilkan oleh software yang terinstal.

sementara untuk versi android sebelum jelly bean 4.2 (juga jelly bean 4.2 kalau tidak puas), bisa dengan menggunakan software pembersih cache yang banyak tersedia secara gratis maupun berbayar di google playstore.

  • disable / uninstall bloatware

untuk smartphone android yang tidak diroot, disable semua bloatware (software bawaan merek). software bloatware mungkin akan berkhasiat kalau tidak memerlukan sumberdaya besar, mulai dari ram, cpu, space data, dll. kalau tidak digunakan, sebaiknya disable semua bloatware. alharapannnya merupakan bloatware, meski tidak diaktifkan, memakan koneksi data, ram, maupun cpu smartphone. caranya beliah, buka settings -> apps > pilih tab all aplication, pelajari kegunaan software kemudian disable yang tidak digunakan.

sementara untuk hape android yang sudah diroot sebaiknya uninstall saja software bloatware (lakukan backup terlebih dahulu).

  • hapus widget yang tidak terpakai

widget mengambil banyak ruang memori yang dapat menjadi penyebab android lemot. jadi hapus widget yang tidak terpakai namun prosesnya tetap berjalan di latar belakang untuk menghindari kinerja android yang lambat.

  • optimalisasi ram android

ram (random access memory) merupakan faktor terpenting dalam kecepatan android setelah cpu (central processing unite/processor). tidak semua software android eksklusif terhapus dari ram ketika dimatikan, yang membuat ram menjadi penuh dan android pun lemot.

optimalisasi ram bisa dilakukan tanpa rooting, yaitu dengan menutup semua software setelah selesai menggunakannya. yang paling dharapanr merupakan dengan membiharapankan menutup software dengan menggunakan tombol back, bukan home. lebih lanjut, untuk melihat software apa saja yang berjalan pada latar belakang (berjalan meski sudah ditutup), buka settings -> apps lalu pilih tab running. stop/tutup software yang tidak digunakan.

  • gunakan kartu memori / microsd

kartu memori / microsd akan memperbesar ruang penyimpanan handphone android. dengan begitu, beban memori internal akan semakin lega dan sedikit banyak akan membuat proses loading akan semakin cepat.

  • nonaktifkan auto brightness dan auto rotate

auto (screen) brightness maupun auto (screen) rotation sangat membantu untuk mengatur secara otomatis intensitas cahaya ataupun tampilan layar (horizontal atau vertikal). namun begitu, fitur ini juga menggunakan sumber daya android, baik baterai, ram, maupun processor. kalau sobat tidak terlalu memerlukannya, sebaiknya nonaktifkan/matikan saja fitur ini untuk membantu android agar bisa bekerja lebih cepat.

  • percepat kinerja google now

semenjak versi jelly bean, android secara default sudah dilengkapi google now, yaitu sistem pencarian google yang eksklusif hadir di halaman muka smartphone android.

baik tampilan maupun fungsi google now sangat menarik, namun begitu alharapannnya merupakan banyaknya software yang terhubung dengan google now membuatnya semakin lama semakin lambat. untuk mempercepatnya, lakukan langkah berikut.

buka google now > masuk menu > masuk settings > pilih phone search, sempurnakan tanda centang hanya ada pada software penting saja.

  •  restart smartphone android sobat!

cara mempercepat android yang paling cepat dan sederhana untuk mengatasi android lemot merupakan hanya dengan melakukan restart. restart akan membersihkan cache, menghentikan berjalannya tugas yang tidak dibutuhkan, dan membuat sesuatu berjalan dengan lancar lagi.

hanya tahan tombol power, pilih restart pilihan, dan kemudian tekan ok untuk mengkonfirmasi. kadang-kadang, sesuatu yang sederhana mirip melakukan restart merupakan semua yang dibutuhkan untuk meningkatkan kecepatan.

Cara terakhir kalau masih lemot 
kalau semua cara tersebut sudah dilakukan tapi masih lemot, lakukan alternatif terakhir yang disempurnakan sangat ampuh. yaitu dengan factory data reset. penting untuk diperhatikan merupakan backup semua data penting ke pc ataupun laptop. setelah diback up semua, masuk ke setting > backup dan reset > pilih factory data reset. dengan begitu semua data akan terhapus dan smartphone android kembali mirip ke awal. semoga bermanfaat cara meningkatkan kinerja android agar lebih ringan dan cepat


Demikianlah Artikel Cara meningkatkan kinerja hp android agar lebih ringan dan cepat

Sekianlah artikel Cara meningkatkan kinerja hp android agar lebih ringan dan cepat kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara meningkatkan kinerja hp android agar lebih ringan dan cepat dengan alamat link https://anothers-stuff.blogspot.com/2017/10/cara-meningkatkan-kinerja-hp-android.html
close
==Close==