Cara Memandikan Bayi Secara Baik dan Benar Menurut Dokter

Cara Memandikan Bayi Secara Baik dan Benar Menurut Dokter - Hallo sahabat Another Stuff, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Memandikan Bayi Secara Baik dan Benar Menurut Dokter, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Kesehatan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Memandikan Bayi Secara Baik dan Benar Menurut Dokter
link : Cara Memandikan Bayi Secara Baik dan Benar Menurut Dokter

Baca juga


Cara Memandikan Bayi Secara Baik dan Benar Menurut Dokter

Cara Memandikan Bayi Secara Baik dan Benar Menurut Dokter- setelah sisa tali sentra mengering dan lepas dengan sendiri maka area udel tidak lagi meradang, inilah ketika dimana anda mampu menggunakan bak mandi. kalau tubuh bayi kecil, gunakan saja baskom besar atau bak mandi ukuran kecil daripada menggunakan ukuran yang standar. ketika pertama kali memandikan bayi anda sempurna akan merkeinginan ngeri, memegang bayi yang beregerak-gerak, bkeinginanh dan licin alkeinginannnya sabun membutuhkan pembikeinginanan dan kepercayaan diri. jadi tetaplah hening dan pertahankan pegangan yang kuat pada bayi.

memandikan si kecil yang baru lahir untuk pertama kali rkeinginannya mampu saja mirip tugas yang sangat mengerikan terutama bila si kecil terus menggeliat, bergerak,dan juga sama barunya dengan ketika mandi bagi anda. sebelum anda mulai memandikan si kecil, pikirkan bagaimana cara anda akan melsayakannya sebelum benar-benar praktek memandikan si kecil. ingat juga bahwa sekali anda dan si kecil sudah terbikeinginan, ketika mandi akan menjadi salah satu kegiatan rutin yang kalian sukai.


untungnya, memandikan si kecil tidak sesulit mempelajari ilmu perihal roket, anda hanya perlu melepaskan pakaian si kecil, menggendongnya dalam air hangat, dan memakaikan kemabali bajunya. satu-satunya kesulitan yang akan anda hadapi ialah si kecil yang terus menggeliat dalam pelukan anda.

bagaimana cara anda menggendong si kecil dengan lembut namun kokoh dengan satu tangan yang penuh sabun, membuka botol shampoo atau membentangkan handuk dengan tangan yang satunya? dan bagaimana bila si kecil termasuk bayi yang sangat tidak menikmati ketika mandinya?
mandi mampu menjadi salah satu pengalaman mengagumkan bagi anda dan si kecil (atau nenek dan kakek) yang akan kalian tunggu-tunggu, dengan si kecil yang akan dengan senang hati memercikan air hangat di dalam bak air hangat. tapi ketika mandi juga mampu jadi ketika ketika si kecil berteriak marah dan menendang dengan monyets alkeinginannnya keberatan ketika mencicipi sensasi udara yang menyentuh kulitnya, sendewa asing dari handuk yang mengeringkan tubuhnya, keanehan air yang mengalir, gema dari kamar mandi, dan bau sabun.

bila si kecil benar-benar tidak suka dimandikan, maka anda tidak perlu memandikannya. lsayakan saja metode top and tail atau ajaklah si kecil ketika anda mandi, anda mungkin akan membutuhkan bantuan orang lain ketika pertama kali melsayakannya. sempurnakan suhu airnya lebih rendah dibandingkan air hangat yang bikeinginan anda gunakan, dan lepaskan terlebih dulu pakaian anda, baru pakaian si kecil. peluk erat si kecil dan masuklah kedalam bathtub, secara perlahan biarkan si kecil mencicipi air menyentuh kulitnya sembil berbaring dengan aman di pelukan anda yang membimbingnya.

Cara Memandikan Bayi Secara Baik dan Benar Menurut Dokter:


  • siapkan semua alat mandi (sabun, sampo, waslap, dan lain sebagainya), bentangkan handuk di daerah tidur, siapkan popok bersih dan bajunya.
  • isi bak mandi bayi dengan air hangat (32Âșc) hingga 2–3 inci (sekitar 10 cm).
  • buka pakaian bayi di atas daerah tidur, lalu bawa ke bak mandi (tips: bila si kecil selalu nangis setiap kali dimandikan, biarkan ia tetap memakai popoknya. ini akan memberinya perkeinginanan aman di air)
  • secara bertahap, masukkan dulu bagian kaki bayi. satu tangan menopang leher, kepala hingga punggung. siramkan (dengan tangan) air hangat ke tubuh bayi berulangkali, agar ia tidak kedinginan.
  • gunakan sabun lembut dan pakailah sehemat mungkin, jangan terlalu banyak (terlalu banyak akan membuat kulit bayi kering). usapkan tangan (atau pakai waslap) ke sabun lalu usapkan ke seluruh bagian tubuh bayi. dari atas, depan, belakang dan bawah. bila ada kotoran mata di sudut mata atau lubang hidungnya, seka beberapa kali untuk melembutkannya sebelum dibasuh. bagian genitalnya ialah bagian yang harus tak jarang dibersihkan.


setelah penyabunan selesai, bilas tubuh bayi dengan mengalirkan air ke seluruh bagian tubuh dan lap tubuhnya dengan waslap kering. lalu angkat bayi, dengan tangan kiri menopang bagian kepala dan leher dan tangan kanan anda menopang pantatnya (jemari menggenggam pahanya).
letakkan bayi di atas handuk yang sudah dibentangkan, dan keringkan tubuhnya. bila masih ada kulit ari yang menempel semenjak ia lahir, gunakan cairan pembersih tubuh (lotion) bayi.

tapi itu sebenarnya kulit yang nanti juga akan hilang sendiri, pakaikan popoknya (tak perlu diberi bedak), kenakan pakaiannya dan berilah ia kecupan saying di keningnya.
seminggu pertama atau lebih, hingga sisa tali sentra putus dan udelnya sembuh (tidak lagi meradang), inilah ketikanya menggunakan spons mandi dan waslap bkeinginanh. bersihkan wajah dan tangannya lebih tak jarang dan bersihkan area genitalnya setiap kali ia berganti popok.

pada beberapa bayi, air hangat dapat sangat menjadi menenangkan mereka. bila mirip ini, maka biarkan saja ia berlama-lama di sana. sementara bayi lain, ada yang menjadi menangis setiap kali dimandikan (ketika mulai maupun setelah selesai). kalau bayi anda termasuk yang jenis ini, maka menjaga suhu kamar tetap hangat menjadi sangat penting.

jangan tinggalkan bayi di bak mandi sendirian, bahkan untuk semenit pun. bila bel pintu atau telepon bersuara dan anda merkeinginan panggilan itu harus direspon, angkat bayi dan selimuti ia dengan handuk kering dan gendonglah. bayi mampu karam meski hanya di dalam air setinggi 1 inci (3-4 cm), dalam waktu kurang dari 60 detik.


Demikianlah Artikel Cara Memandikan Bayi Secara Baik dan Benar Menurut Dokter

Sekianlah artikel Cara Memandikan Bayi Secara Baik dan Benar Menurut Dokter kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Memandikan Bayi Secara Baik dan Benar Menurut Dokter dengan alamat link https://anothers-stuff.blogspot.com/2017/10/cara-memandikan-bayi-secara-baik-dan.html
close
==Close==