Monitoring pada Windows Server 2012

Monitoring pada Windows Server 2012 - Hallo sahabat Another Stuff, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Monitoring pada Windows Server 2012, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Windows, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Monitoring pada Windows Server 2012
link : Monitoring pada Windows Server 2012

Baca juga


Monitoring pada Windows Server 2012

Jika kita memiliki sebuah server pasti kita harus melakukan monitoring pada server tersebut untuk memantau perkembangan server atau hal-hal yang terjadi pada server tersebut, kita dapat melakukan monitoring terhadap aplikasi yang sedang berjalan, beban kerja dari CPU, penggunaan RAM, konsumsi bandwitdh jaringan server tersebut, dll.

Di Windows Server 2012 tersedia beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan monitoring, diataranya adalah sebagai berikut :

Task Manager

Pasti kita semua tidak asing dengan aplikasi yang ini, aplikasi ini memang sudah bawaan dari Windows yang berguna untuk melihat aplikasi yang sedang berjalan pada Windows, jumlah penggunaan resource server oleh aplikasi tersebut, dan juga kita dapat melihat graphing dari beban CPU, RAM, dan Internet.

Untuk membuka aplikasi ini caranya mudah, klik kanan saja pada bagian taksbar, dan pilih menu TaskManager.


Setelah itu akan muncul jendela task manager, pada bagian pertama ini kita dapat melihat total berapa persen resource server yang telah digunakan, kemudian aplikasi apa saja yang menggunakannya.


Dan pada tab process kita dapat melihat graph dari server.

Performance Monitor

Lalu pada aplikasi berikutnya, aplikasi ini masih bawaan dari windows, yaitu performance monitor, untuk membuka aplikasi ini buka Server Manager > Tools > Performance monitor.
Kita juga bisa menambahkan hal-hal yang ingin dimonitor misalnya memory RAM.
Hasilnya garis grafik menjadi lebih banyak karena banyak yang kita monitor.

Event Viewer

Aplikasi ini dapat kita gunakan untuk melihat aktifitas-aktifitas dan kejadian yang terjadi pada server seperti informasi, atau ada error pada server. Untuk membuka aplikasi ini klik Server Manager > Tools > Event Viewer.

Didalam aplikasi ini terdapat beberapa log kejadian yang terjadi, misalnya server terjadi error pada saat melakukan backup.


Demikianlah Artikel Monitoring pada Windows Server 2012

Sekianlah artikel Monitoring pada Windows Server 2012 kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Monitoring pada Windows Server 2012 dengan alamat link https://anothers-stuff.blogspot.com/2017/06/monitoring-pada-windows-server-2012.html
close
==Close==